1001 Manfaat Air Kelapa Muda Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Banggaos.my.id - Suasana panas, gerah dan terik siang hari nampaknya cocok jika terhidang minuman segar dan dingin. Untuk melepas dahaga tersebut butuh hidangan dingin dan dingin sehingga bisa menghempas panas dalam tubuh. 
 
Seperti mengkonsumsi air mineral contohnya, yakni merupakan salahsatu cara untuk melepas dahaga. Selain sehat, air mineral dipercaya merupakan satu-satunya minuman tersehat untuk di konsumsi. Tentunya tanpa embel-embel zat tambahan dan jelas alami dari alam.

Namun, tahukah kamu jika ada air lain yang memiliki khasiat yang lebih super dan bisa dikonsumsi oleh semua umur. Selain rasanya yang unik dan enak, air tersebut berasal dari buah yang mudah kita temui.
 
air kelapa muda
Ilustrasi Gambar by google.com

Tentu semua sudah mengenal pohon kelapa. Pohon yang banyak tumbuh di wilayah dekat pesisir ini memiliki batang yang kokoh dan tinggi. Bahkan dari segi manfaatnya pun semua bagian bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. 

Termasuk buahnya yakni buah kelapa muda segar yang mengandung air manis yang bisa dikonsumsi dan mengandung beragam khasiat.

1001 Manfaat dari Rutin Konsumsi Air Kelapa Muda

Diantara sekian banyak manfaat dari air kelapa muda, beberapa diantaranya bisa memberikan dampak kesehatan jika dikonsumsi dengan benar. Beberapa khasiat yang diberikan dipercaya berasal dari buah pohon nyiur melambai ini. Berikut efek  posisif yang ditimbulkan jika mengkonsumsi air kelapa muda dengan benar.

1. Mampu Menurunkan Berat Badan

Air kelapa hampir sangat tidak memiliki kandungan lemak. Meskipun saat berada dalam buahnya bercampur dengan kelapa yang mampu diolah menjadi air santan yang memang mengandung banyak lemak. 

Tidak perlu takut berat badan naik saat sering minum air kelapa. Minum air kelapa dengan intensitas sering bisa menjadi salah satu cara yang mendukung program diet kamu.
Baca juga: Mengatasi Demam dan Kembung Pada Anak

2. Tubuh Terbebas Dehidrasi

Kenapa sekarang banyak beredar minuman olahan dari air kelapa, sebab air kelapa memang mampu menghilangkan dehidrasi yang kamu alami. Jika kamu merasa lemas dan lelah saat setelah beraktifitas berat, itu merupakan salahsatu tanda kamu sedang dehidrasi berat. 

Saat itulah sebaiknya kamu mencari air kelapa untuk mengembalikan kesegaran dan kestabilan cairan dalam tubuh kamu. Air kelapa diganyang lebih efektif mengurangi dehidrasi ketimbang aneka jenis minuman kemasan pabrik. Hasil penelitian menjelaskan kandungan potasium dan gula murni dari air kelapa dua kali lipat lebih besar ketimbang minuman berenergi kemasan pabrik.

Air kelapa muda
Ilustrasi Gambar by google.com

3. Ginjal Menjadi Lebih Sehat

Air kelapa memiliki sifat diuretik alami. Diuretik merupakan kondisi meningkatnya produksi urin dalam tubuh. Dengan jumlah urin yang lebih banyak, maka ginjal dan kandung kemih serta saluran kecing akan jadi lebih bersih. Bukan hanya itu, air kelapa juga mampu menghancurkan batu ginjal bagi penderitanya.

4. Melancarkan pencernaan

Untuk manfaat yang keempat berhubungan dengan pencernaan. Untuk kamu yang mengalami masalah pencernaan  kamu bisa coba untuk meminum Air kelapa. Dalam air kelapa terkandung serat yang  sangat tinggi. Mengonsumsi air kelapa secara rutin selama seminggu akan membuat buang air besar menjadi lancar dan rutin.


5. Membantu Membentuk otot

Selain bisa menurunkan berat badan, air kelapa juga mampu membantu kamu dalam membentuk bagian tubuh yang kendur menjadi lebih kencang. Inilah kehebatan dari air kelapa, kandungan potassium yang ada di dalamnya efektif mengontrol jumlah lemak dan membangun masa otot. Dengan begini, tubuh akan bebas lemak dan kecang diwaktu yang bersamaan. Waktu yang paling baik saat minum Air kelapa adalah di pagi hari dan diminumnya tanpa tambahan apapun.

6. Membantu Meredakan Morning Sickness Pada Ibu Hamil

Ibu hamil pada usia hamil muda sering kali mengalami mual dan muntah. Penomena ini sering kita kenal dengan istilah morning sickness
 
Ketika mengalami kondisi ini, biasanya ibu hamil akan mengeluarkan banyak cairan dalam tubuh, hal inilah yang memicu terjadinya kekurangan elektrolit. Dan Air kelapa inilah salah satu alternatif bagi ibu hamil dalam menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh.
 

7. Mencegah Infeksi Saluran Kemih Pada Ibu Hamil

Perubahan hormon pada kondisi hamil bisa berdampak perubahan fungsi saluran kemih. Seringkali efek samping yang ditimbulkan ialah terjadinya infeksi saluran kemih. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil dipercaya sebagai diuretik alami yang dapat membantu ibu hamil lebih mudah mengeluarkan urine dan mencegah terjadinya ISK.
 

8. Menurunkan tekanan darah

Menurut beberapa ahli herbal, Air kelapa muda dipercaya mampu menurunkan dan mengontrol gula darah. Hal ini karena air kelapa memiliki kandungan kalium yang terbukti dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah agar tetap normal.
 
Namun, air kelapa tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai pengganti pengobatan hipertensi atau preeklampsia pada ibu hamil. Jika ibu hamil berisiko mengalami preeklampsia selama kehamilan, segera periksakan diri ke dokter.


Air kelapa muda dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan jika rutin dikonsumsi. Agar tubuh tidak mengalami dehidrasi, jangan lupajuga untuk tetap mengkonsumsi air mineral guna memenuhi cairan tubuh harian kamu. Jika kamu mengetahui manfaat lainnya seputar air kelapa muda, silahkan share di kolom komentar dibawah ini. Rasakan manfaatnya, dan selamat mencoba!
 

No comments for "1001 Manfaat Air Kelapa Muda Yang Tidak Banyak Orang Tahu"